Home » Sosok » Tokoh » 25 Tokoh Islam Damai di Indonesia

25 Tokoh Islam Damai di Indonesia

(Tulisan ini telah dimuat di Majalah Madina No. 6, Tahun I, Juni 2008 di Rubrik Laporan Utama)

Sementara ada gelombang aksi radikal yang dipertontonkan sejumlah kelompok berjubah Islam, di negara ini ada juga cukup banyak tokoh yang mengumandangkan dan menjalankan pesan-pesan kedamaian dan keadilan Islam.

Mereka inilah (sebagian dari) kalangan yang menjadikan wajah Islam nampak sejuk dan indah. Mereka inilah orang-orang yang berusaha menjadikan Islam benar-benar rahmat bagi sekalian alam.

Di Indonesia, memang ada banyak kelompok yang atas nama Islam menyerang, merusak, mengobrak-abrik kaum yang mereka anggap sesat. Di Indonesia, memang ada banyak pula orang yang berusaha mengingatkan bahwa Islam sebetulnya adalah ajaran yang membawa nilai-nilai kedamaian, keharmonisan, keindahan.

Kelompok yang mencintai kedamaian ini ada di banyak wilayah kehidupan. Majalah Madina dengan sengaja memilih 25 nama yang merupakan tokoh-tokoh utama yang mewakili gelombang Islam damai itu.

Ada sejumlah kategori yang dilekatkan pada mereka. Mereka harus beragama Islam dan dikenal sebagai tokoh Islam. Mereka cukup dikenal oleh banyak orang, atau muncul di berbagai media sehingga dikenal banyak orang. Mereka mengerjakan hal-hal yang mereka orientasikan untuk kepentingan banyak orang. Mereka berpengaruh.

Dalam hal damai, mereka seharusnya dikenal tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi. Mereka bukan kalangan yang memberi pembenaran atau mendukung penindasan terhadap perbedaan. Mereka secara terbuka menyuarakan gagasan-gagasan yang mendukung kedamaian.

Dengan dasar itulah, daftar 25 nama ini tersusun. Tentu orang bisa tak setuju sepenuhnya. Tentu bisa ada kesalahan di sana-sini. Tapi, kami percaya, sebagai sebuah potret umum, daftar ini sudah memadai.

Sekadar catatan, sebenarnya agak sungkan juga untuk menempatkan nama-nama anggota Dewan Redaksi Madina dalam daftar 25 ini. Beberapa anggota Dewan Redaksi sudah menyatakan keberatannya. Namun, masalahnya, redaksi Madina memiliki independensi untuk memutuskannya. Kami menganggap, daftar 25 ini absah adanya. Bila pembaca keberatan, silakanlah berkomentar.

Abdullah Gymnastiar

Ahmad Syafii Maarif

Amien Rais

Anies Baswedan

Arief Rahman

Azyumardi Azra

Ary Ginanjar

Deddy Mizwar

Djohan Effendy

Emha Ainun Najib

Haidar Bagir

Helvy Tiana Rosa

Imam Prasodjo

Jalaluddin Rakhmat

Jimly Asshiddiqie

Komaruddin Hidayat

M. Dawam Rahardjo

Muhamad Syafii Anwar

Masdar F. Mas’udi

Mochtar Pabottingi

Mustofa A. Bisri

M. Quraish Shihab

Siti Musdah Mulia

Ulil Abshar Abdhalla

Komentar